Ukuran Besi Kanal C untuk Atap Rumah yang Ideal

Ukuran Besi Kanal C untuk Atap Rumah yang Ideal

Pernah mengamati seperti apa wujud rangka atap bangunan? Umumnya, rangka atap terbuat dari bahan besi kanal C karena strukturnya yang fleksibel dan ringan, sehingga mudah dipasang.

Kamu mungkin sudah familiar dengan besi kanal C. Di sisi lain, sebagian yang lain belum tahu seperti apa jenis besi satu ini.

Sebenarnya, besi kanal C mudah dikenali dari bentuknya yang seperti huruf C dengan sudut yang tajam. Namun, masalah yang biasa dihadapi ketika membeli besi kanal C di toko yang jual besi kanal C yaitu menentukan ukurannya.

Nah, supaya tidak salah pilih, kamu perlu mengenali lebih lanjut karakteristik hingga ukuran besi kanal C yang tersedia di pasaran. Berikut kami ulas selengkapnya.

Apa itu Besi Kanal C?

Besi kanal C merupakan lembaran plat yang dibentuk hingga memiliki penampang seperti huruf C. Besi kanal C terbuat dari campuran baja karbon, kromium, nikel, dan aluminium yang kuat. Tapi, tidak jarang material ini juga terbuat dari baja berkualitas tinggi.

Istilah kanal C tidak jarang disamakan dengan kanal CNP. Sebenarnya, ada sedikit perbedaan pada istilah keduanya.

Istilah kanal C ini lebih umum digunakan dalam lingkup pekerjaan konstruksi baja ringan dan konstruksi baja profil secara umum. Artinya, material bisa berupa baja ringan atau baja profil dengan bentuk seperti huruf C.

Sedangkan istilah kanal CNP, khusus digunakan pada proyek konstruksi baja profil. Jadi, material sudah pasti baja profil yang berbentuk huruf C.

Karakteristik Besi Kanal C

Seperti yang sudah disebutkan di awal, besi kanal C disukai karena fleksibel dan memudahkan ketika digunakan. Ada beberapa karakteristik utama pada besi kanal C, di antaranya:

Kekuatan Tarikannya Tinggi

Besi kanal C terbuat dari baja kualitas tinggi yang memberikan kekuatan tarik dan tekan yang tinggi. Material ini pun cocok untuk menahan beban yang cukup berat.

Materialnya Ringan

Besi kanal C cenderung lebih ringan bobotnya dibandingkan dengan jenis baja lain, seperti H-beam atau I-beam.

Tentunya, ini memudahkan proses pengangkutan dari toko ke lokasi bangunan. Di sisi lain, tukang pun tidak kesulitan ketika dipindahkan dan dipasang.

Mudah Dibentuk

Selain karena ketebalannya yang cenderung tipis, bahan pembuatannya pun memberi sifat yang fleksibel pada besi kanal C.

Sehingga ketika ada penyesuaian terhadap ukuran konstruksi, pengerjaannya pun lebih cepat karena besi yang mudah dipotong, dilengkungkan, dan disambung menggunakan las atau baut.

Harga Lebih Terjangkau

Dari sisi harga, besi kanal C relatif terjangkau jika dibandingkan profil baja lainnya. Meski begitu, besi ini kokoh dan tahan terhadap tekanan.

Lalu, bagaimana dengan ketahanannya terhadap korosi? Besi kanal C tidak sepenuhnya tahan terhadap korosi. Namun, Anda bisa menambahkan lapisan pelindung anti karat atau galvanisasi untuk memperpanjang usia pakainya.
Besi Kanal C untuk Atap Rumah Ukuran Berapa?

Sebagai referensi, berikut macam-macam ukuran besi kanal C untuk atap rumah, yaitu:

  • Ukuran besi kanal C: 50 x 25 mm, tebal 1.6 hingga 3.2mm
  • Ukuran besi kanal C: 75 x 40 mm, tebal 1.6 hingga 3.2mm
  • Ukuran besi kanal C: 100 x 50 mm, tebal 1.6 hingga 3.2mm
  • Ukuran besi kanal C: 125 x 50 mm, tebal 1.6 hingga 3.2mm
  • Ukuran besi kanal C: 150 x 50 mm, tebal 1.6 hingga 3.2mm
  • Ukuran besi kanal C: 150 x 50 mm, tebal 1.6 hingga 3.2mm
Ket: Ukuran besi kanal C: tinggi x lebar

Itulah informasi mengenai ukuran besi kanal C dan karakteristiknya. Anda bisa mendapatkan besi kanal C berkualitas dengan harga terjangkau di PT. Wira Baja Makmur Mandiri, supplier besi dan baja yang jual besi kanal C terpercaya dan sudah melayani pelanggan sejak puluhan tahun.

Posting Komentar untuk "Ukuran Besi Kanal C untuk Atap Rumah yang Ideal"